STRUKTUR
ORGANISASI DAN SKEMA ORGANISASI PT
INDOSAT

Skema diatas adalah skema dari struktur organisasi
pada perusahaan Indosat.
1. Direktur
Utama Tugasnya adalah jabatan yang di tunjuk dan member laporan kepada dewan
direksi Board Of Director (BOD) dan memimpin seluruh dewan dan komite eksekutif
menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi.
2. Wakil
dari Direktur Utama Tugasnya adalah membantu direktur utama dalam menangani
perusahaan
3. Direktur
Marketing dan Direktur Regional Sales Tugasnya adalah merencanakan,
mengkontrol, mengkordinir proses penjualan dan pemasaran bersama S dan M Supervisior
(S) untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan
efisien.
4. Direktur
Network Tugasnya melakukan jaringan-jaringan pada sinyal
CIRI-CIRI
ORGANISASI PT
1. Terdiri
dari pada dua orang atau lebih
2. Ada
kerjasama
3. Ada Komunikasi antar suatu anggota dengan
orang lain
4. Ada
tujuan yang ingin di capai
Organisasi
dapat dilihat dengan dua cara berbeda yaitu;
1. Organisasi
sebagai suatu sistem terbuka terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan dan,
dan memperoleh input untuk diolah yang berasal dari lingkungan serta
menyalurkan output hasil pengolahan ke lingkungan kembali.
2. Organisasi
sebagai sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama.
Organisai dapat dibedakan
menjadi dua macam ; yaitu
1. Dalam
arti statis yaitu organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama
dijalankan.
2. Dalam
arti dinamis yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang
yang bekerjasama, baik formal maupun informal
MANAJEMEN, ORGANISASI
1. Pengertian
Manajemen!
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan
Perencanaan, pengorganisasian, Pengarahan dan Pengendalian untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan, melalui pemanfaatan SDM dan SD yang lainnya.
2. Jelaskan dan
Sebutkan Fungsi-Fungsi Manajemen.
Ada 4 Fungsi manajemen yang utama
antara lain :
a. Perencanaan(Planning)
Fungsi yang utama dan yang
terpenting, digunakan agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masyarakat.
Perlunya perencanaan antara lain untuk:
· Untuk
menidentifikasi peluang masa depan.
· Antisipasi
atau menghindari masalah masa depan.
· Untuk
mengembangkan langkkah-langkah strategi.
Dalam prakteknya apa saja yang
direncanakan ?
· Produk,
berapa: jenis, jumlah, kualitas.
· Dana,
berapa: jumlah dan sumber dana.
· Karyawan,
berapa: jumlah, keahlian karyawan.
Jenis-jenis Perencanaan dapat
dibedakan menjadi 2 antara lain:
· Strategis
adalah perencanaan yang berhubungan dngan hidup organisasi atau perusahaan,
Maju mundurnya organisasi atau perusahaan, Keberadaan organisasi atau
perusahaan, Hasil yang akan dicapai organisasi atau perusahaan, dan Jangka
waktu yang panjang.
· Taktis
adalah perencanaan jangka pendek yang berkenaan dengan kegiatan optimal
organisasi atau perusahaan, seperti:membuat anggaran tahunan, memilih
b. Pengorganisasian(Organizing)
Fungsi manajemen yang kegiatannya
membagi pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan
mengkoordinasikan aktivitas.
Tujuannya antara lain:
· Setiap
individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban dan tanggung jawab.
· Agar
terbina hubungan baik antar anggota organisasi dan antar organisasi.
c. Pengarahan(Actuating)
Merupakan kegiatan untuk mengarahkan
agar semua angggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing-masing yang
telah ditentukan.
Bentuk-bentuk kegiatannya antara
lain :
· Berkomunikasi
dengan semua anggota organisasi.
· Memberikan
pengarahan dan petunjuk.
· Memberikan
kepemimpinan.
· Memberikan
motivasi untuk mendorong para karyawan.
d. Pengendalian(Controlling)
Merupakan aktivitas yang menemukan,
mengoreksi apakah adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai,
dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan. Langkah-langkah
pengendalian:
· Menetapkan
standard an metode.
· Mengukur
prestasi kerja.
· Memutuskan
apakah kerja sesuai standar.
· Mengambil
tindakan koreksi.
3. Sebutkan
Ketrampilan-Ketrampilan Manajerial yang Ada.
Ketrampilan- ketrampilan yang
dibutuhkan manajer agar dalam mengelola organisasi atau perusahaan bias efektif
antara lain :
· Ketrampilan
Konseptual
Kemampuan untuk menginegrasikan dan
mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan kepentingan organisasi
· Ketrampilan
Kemanusiaan
Ketrampilan untuk bekerja dengan
orang lain, memahami dan memotivasi mereka.
· Ketrampilan
Administrasi
Ketrampilan untuk menata
administrasi organisasi atau perusahaan.
· Ketrampilan
Teknik
Ketrampilan untuk menggunakan
peralatan-peralatan mesin, teknik dan metode bidang tertentu. Seperti:
computer, akuntansi, produksi dan lain-lain.
4. Sebutkan dan
Jelaskan Bentuk Organisasi !
a. Organisasi
Baris.
Adalah bentuk organisasi dimana
terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling
bawah.
Setiap atasan memiliki sejumlah
bawahan, dan bawahan bertanggung jawab kepada satu atasannya.
Bentuk ini paling banyak dipakai,
dan sesuai untuk perusahaan kecil, karena sederhana dan jelas.
Berikut adalah Kebaikan dan
Keburukan dari organisasi garis(lini):
Kebaikan :
· Kesatuan
dalam pemerintah atau pimpinan
· Pengambilan
keputusan cepat
· Solidaritas
karyawan tinggi
· Sederhana,
biaya rendah.
Keburukan :
· Sangat
tergantung pada satu orang pimpinan
· Pimpinan
cenderung otokratis
· Karyawan
sulit berkembang.
b. Organisasi
Garis dan Staff.
Adalah bentuk organisasi yang banyak
dipakai oleh perusahaan besar, daerah ushanya luas dan kompleks. Pada
prinsipnya hamper sama dengan banyak bentuk garis, hanya ditambah staff, yaitu
satu atau beberapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya
member saran atau nasehat sesuai bidangnya kepada pimpinan perusahaan. Bila
mengalami kesulitan dalam menangani masalah yang terjadi, staff tidak memiliki
hak memerintah bawahan.
Berikut adalah Kebaikan dan
Keburukan dari Organisasi garis dan Staf:
Kelebihan :
c. Sesuai
untuk perusahaan besar
d. Keputusan
lebih rasional dengan adanya staf
e. Dapat
mewujudkan “The Right Man in the Right Place”
Keburukkan:
f. Organisasi
rumit dan kompleks
g. Koordinasi
sulit diterapkan
h. Jumlah
karyawan banyak, sehingga solidaritas kurang dan tidak saling mengenal
c. Organisasi
Fungsional
Adalah organisasi yang berbagi ke
berbagai bidang seni fungsi, seperti: Pemasaran, Produksi, Personalia dan
keuangan. Wewenang dan tanggung jawab melekat terhadap proses atau fungsi
masing-masing.
Setiap anggota fungsinya hanya
mengerjakan fungsinya, wewenang dan tanggung jawab sangat tegas telah
digariskan.
Para manajer fungsi bertanggung
jawab mengawasi bawahannya sesuai dengan fungsinya, namun bisa memerintah
kebagian lainnya sepanjang masih memiliki kewenangan.
Berikut adalah Kebaikkan dan
keburukkan Organisasi Fungsional:
Kebaikan :
a. Pembagian
tugas jelas
b. Spesialisasi
karyawan dapat dikembangkan dan dimaksimalkan
c. Masing-masing
fungsi dipegang oleh para ahli
Keburukan:
d. Karyawan
dapat menerima perintah dari beberapa atasan
e. Tidak
ada kesatuan perintah
f. Makin
merasa ahli, akan sulit bekerja sama.
d. Organisasi
Matrix
Adalah bentuk organisasi dimana
perusahaan biasanya mengerjakan 2 pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan
pekerjaan-pekerjaan tertentu. Dalam perusahaan besar dan batas toleransi
pekerjaan yang singkat maka dipakai matrik.
Alasan lain untuk menghindari
berbenturan antara pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan tertentu yang harus
selesai keduanya dengan baik.
Dalam bentuk matrix, terjadi
hubungan antar berbagai fungsi. Misalnya: perusahaan sepatu yang aktivitas
dasar memproduksisepatu, Menerima pesanan yang harus selesai dalam waktu
tertentu, dengan jumlah tertentu, agar ke2 pekerjaan bisa selesai maka bentuk
matrix yang cocok.
Berikut adalak Kebaikan dan
keburukan Organisasi Matrix:
Kebaikan :
a. Adanya
aktivitas lain yang dikerjakan tanpa menggangu aktivitas dasar
b. Mendorong
inovasi dan kreativitas kaaryawan
c. Mendorong
munculnya cara-cara baru, bentuk penyelesaian baru dan semangat kerja positif.
Keburukan:
d. Munculnya
konflik antar fungsi karyawan
e. Hanya
organisasi tertentu yang adapat memakai bentuk ini
f. Dapat
menggangu aktivitas dasar
g. Biaya
mahal
h. Terdapat
lebih dari satu atasan
e. Organisasi
Komite
Komite adalah kelompok formal yang
menggantikan para manajer didalam struktur organisasi. Anggota komite memiliki
wewenang dan tanggung jawab, anggota komite berasal dari tingkatan manajemen.
Semua keputusan organisasi
dipelajari dan dievaluasi oleh anggota komite. Bentuk ini sesuai untuk
organisasi yang sangat perlu sikap hati-hati dan berbagai sudut pandang.
Misalnya: organisasi rekayasa genetika(BATAM) dan Organisasi anariksa.
Berikut Kebaikan dan Keburukan
Organisasi Komite:
Kebaikan :
a. Keputusan
yang diambil lebih baik, karena melalui rapat yang mendalam
b. Keputusan
yang diambil mirip keputusan bersama-Obyektif
c. Hati-hati
dan seksama
d. Terdiri
dari para ahli
Keburukan:
e. Keputusan
yang diambil lama
f. Kadang
pendapat akhir berasal dari anggota komite yang dominan
g. Keputusan
kadang kurang efektif karena kompromi
5. Sebutkan dan
Jelaskan Konsep-Konsep Inti Pemasaran, Menurut Philip Kotler!
KOSEP
INTI PEMASARAN
v:shapes="_x0000_i1025">

a.
' v:shapes="_x0000_i1026">
Kebutuhan

Adalah konsep paling pokok, yang
melandasi pemasaran. Kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan perasaan yang
harus dipenuhi, kalau tidak akan menderita(mati) seperti makan, minum, pakaian.
b. Keinginan
Adalah kebutuhan yang dibentuk oleh
budaya, sikap pribadi seseorang. Misalnya: orang Indonesia makan nasi.
c. Permintaan
Adalah kebutuhan atau keinginan
manusia yang didukung daya beli.
d. Produki
Adalah alat pemuas kebutuhan,
keinginan dan permintaan.
e. Pertukaran
Adalah kegiatan untuk mendapatkan
barang dan jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu
sebagai gantinya.
f. Transaksi
Adalah bentuk pertukaran yang lebih
luas, ada nilai-nilai , syarat-syarat, kesepakatan, waktu dan tempat
kesepakatan.
g. Pasar
Kumpulan pembeli nyata ataupun
pembeli potensial. Pasar timbul disekitar produk (barang/jasa) yang bernilai.
Seperti pasar tenaga kerja, pasar uang, pasar mobil, hp dan lain-lain.
6. Sebutkan dan
Jelaskan Konsep-Konsep Manajemen Pemasaran!
Berikut adalah konsep-konsep
manajemen pemasaran antara lain:
a. Konsep
Produksi
“Konsumen akan menyukai
produk-produk yang murah, jumlah atau variasi banyak &mudah dijangkau” Apa
yang dilakukan manajemen? Untuk efisiensi produksi dan distribusi.
b. Konsep
Produk
“Konsumen akan senang produk yang
mutu, penampilan baik dibandingkan produk lain. Sikap manajemen
perbaikan-perbaikan pada produk terus-menerus”.
c. Konsep
Penjualan
“Konsumen tidak membeli produk,
karena tidak ada mempunyai sikap manajemen-manajemen promosi, teknik menjual
yang baik”.
d. Konsep
Pemasaran
“Untuk mencapai sukses, maka
melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih baik dibandingkan pesaing-pesaing”.
e. Konsep
Pemasaran Kemasyarakatan
“Tujuan pemasaran bukan untuk
memuaskan kebutuhan, keinginan dan permintaan saja. Tapi yang lebih penting
bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat”.
7. Jelaskan
pengertian Pemasaran!
Secara umum, pengertian pemasaran
adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna
memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga,
mendistribusikan serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
8. Jelaskan Tujuan
Sistem Pemasaran !
Tujuan system pemasaran dapat dibagi
menjadi 4 antara lain :
a. Memaksimalkan
Konsumsi
Konsumsi-->Produksi-->kesempatan
kerja -->Kemakmuran
b. Memaksimalkan
kepuasan konsumen.
c. Memaksimalkan
pilihan.
Artinya tersedianya aneka atau ragam
produk, jumlah, variasi, harga, mutu sebagai banyak pilihan.
d. Memaksimalkan
kulitas hidup
Banyak barang atau jasa yang bermutu
tinggi yang dimanfaatkan bagi kelangsungan hidup umat manusia.